Senin, 20 Februari 2012

Sejarah Penemuan Televisi

Halo Sob,
Setelah sebelumnya kita tahu arti televisi, pada posting kali ini kami akan membahas mengenai sejarah dan perkembangan Televisi, dari berbagai sumber yang telah kami temukan, ternyata istilah televisi baru dikenal pada tahun 1900 yang dikemukakan oleh Constatin Perskyl yang menyebutkan nama television yang berasal dari dua kata yaitu tele (jauh) dan vision (tampak) yang jika digabung menjadi television, jadi bisa dikatakan television adalah sesuatu yang tampak atau dilihat dari dekat yang sumbernya berasal dari jauh. Jauh sebelum tahun 1900 telah ditemukan kinematoskop yaitu mesin pemutar slide pertama yang menjadi cikal bakal penciptaan televisi oleh Colleman Sellers pada tahun 1861. Jika diruntut lebih lanjut berikut ini adalah perkembangan televisi dari tahun ke tahun sampai kita mengenal istilah televisi itu sendiri.

<!-- more -->


Tahun 1876
George Carey menciptakan ''selenium camera" yang digambarkan dapat membuat seseorang ''melihat gelombang listrik". Belakangan, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dinamakan sebagai ''sinar katoda''.

Tahun 1884
Paul Nipkov, Ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut ''teleskop elektrik'' dengan resolusi 18 garis.

Tahun 1888
Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal (''liquid crystals''), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun LCD baru dikembangkan sebagai layar 60 tahun kemudian.

Tahun 1897
Tabung Sinar Katoda CRT pertama diciptakan ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi dasar televisi layar tabung.



Tahun 1900
Istilah ''Televisi'' pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran Teknologi Dunia di Paris.

Setelah dipublikasikan istilah televisi pada pameran teknologi tersebut akhirnya dunia mengakui John Lodie Baird sebagai penemu Televisi yang melakukan demo TV pertama untuk publik di Soho,London tahun 1926.



http://www.ssplprints.com/lowres/43/main/53/132450.jpg
Setahun setelah itu, tepatnya tahun 1927 Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Gagasannya tentang ''image dissector tube menjadi dasar kerja televisi yang disempurnakan bentuk tabung katodanya menjadi kinescope oleh Vladimir Zworykin dari Rusia pada tahun 1929.




Bentuk televisi pertama ini secara fisik mempunyai ukuran yang besar tetapi layarnya berukuran lebih kecil, terlihat kurang porposional dengan bentuk kotak luarnya. Hal itu nampak pada gambar diatas, selain itu bentuk visual dari televisi ini yaitu masih berbentuk layar hitam putih.

http://www.tvhistory.tv/1930BairdTelevisor.JPG

0 komentar:

Posting Komentar